Yuk, Bikin Media Promosi Sendiri! (1)

Senin, 6 Desember 2010

Yuk, Bikin Media Promosi Sendiri! (1)

Salah satu kunci sukses jualan online adalah promosi. Bentuk promosi seperti apa saja yang bisa dilakukan?

Membuat situs jelas sangat penting sebagai etalase produk yang ditawarkan. Saat ini ada dua jenis website, berbayar dan gratis. Pilih yang mana? Jika sudah menyisihkan dana untuk membuat website pribadi, ada baiknya memilih yang berbayar. Kenapa? Selain alamat situsnya bisa lebih pendek, reputasi Anda sebagai pemilik usaha juga akan lebih terangkat.

Maklum, pembeli online rata-rata belum kenal dengan si penjualnya. Kepercayaan adalah modal utama mereka dalam bertransaksi. Nah, dengan memiliki website berbayar, pembeli akan lebih percaya dibandingkan terhadap pemilik situs gratisan, yang biasanya nama situsnya akan menempel ke merek yang “ditumpangi”.

Lantas, seberapa mahal, sih, membuat situs berbayar? Jangan membayangkan seperti membuat toko. Hanya bermodal sekitar Rp 1,5 juta saja Anda sudah bisa punya ‘toko’ online  yang cantik dan menarik para pembeli. Sementara biaya tahunannya tak lebih dari Rp 400 ribu.

Makin maraknya bisnis online di Indonesia, memang makin membuat marak perusahaan penyedia jasa pembuatan dan housting website . Coba saja iseng menulis di mesin pencari perusahaan housting , ada puluhan perusahaan yang siap membantu Anda dalam membuat website  dan housting .

Namun, ada juga cara mudah untuk memilih perusahaan housting . Lihat saja beberapa website yang menarik bagi Anda, tanyakan ke pengolanya, di mana ia membuat website dan housting -nya, bagaimana pelayanan dari perusahaan itu. Jika memang pelayanannya memuaskan dan dananya terjangkau, tak ada salahnya untuk memilihnya.

Tinggalkan “Jejak”

Selain berbayar, Anda juga bisa membuat website gratisan. Jauh sebelum orang ramai menggunakan Facebook dan Twitter, penyedia laman blog seperti Multiply, WordPress, Blogspot dan sejenisnya sudah jadi andalan untuk berjualan. Namun, dari sekian banyak website gratisan, Multiply yang paling banyak diminati para penjual online .

Ya, selain sebagai pelopor, Multiply memang sangat user friendly . Dari cara mendaftar untuk mendapat account saja sangat mudah. Tinggal ketik www.multiply.com. Untuk mendapatkan housting  gratis, cukup menulis/memilih tujuh isian lalu klik Register, dan Anda sudah punya account . Di account  itu Anda bisa mengunggah foto barang jualan beserta keterangannya.

Proses mengunggah foto maupun tulisan pun sangat mudah. Tinggal klik Add Photo, 20 buah foto bisa Anda unggah sekaligus. Hanya saja, Anda harus mengecilkan resolusi (ukuran) fotonya dulu, sesuai konsumsi web.

Setelah punya website , kini saatnya mempromosikan web sekaligus produk Anda. Yang paling mudah, di signature email Anda bisa menuliskan alamat web. Tapi jangan lupa, Anda harus rajin meninggalkan “jejak” di kolom komentar blog atau website  milik orang lain.

Ajang milis yang berkaitan dengan jual berjulan juga bisa manfaatkan untuk mempromosikan situs maupun jualan Anda. Iklan baris, meski banyak yang menggangap promosi ini tak efektif lagi, juga tetap bisa dicoba. Toh, masih banyak para netter yang mencari barang di situs ini.

Kendati demikian, lebih penting Anda harus mendaftarkan situs pribadi ini ke mesin pencari seperti Yahoo, Google, dan lainnya. Untuk Google, Anda bisa ketik alamat ini http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl agar situs Anda dimasukkan ke dalam indeks. Jadi ketika ada seseorang mencari sesuatu dan itu ada di website Anda, maka Google akan menampilkan indeks situs Anda.

Agar situs jualan tak monoton, bisa juga memasukkan artikel-artikel atau tips yang berkaitan dengan isi situs Anda. Misalnya berjualan baju, tak ada salahnya di salah satu kanalnya, dimunculkan tips-tips ringan seputar berbusana. Yang penting, kehadiran isi pelengkap itu tak menggangu proses jualan.

 

thread saya di forum nova

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply