Tips Sukses Berkomunikasi

7 LANGKAH MENYAMPAIKAN IDE SECARA EFEKTIF

Teknik ini memberikan suatu keahlian penting dalam meraih keberhasilan serta mengajarkan pada anda tentang hal-hal penting dalam menciptakan dan membentuk hubungan.
Untuk melakukan latihan ini anda memerlukan orang lain. Selanjutnya ikuti tujuh langkah yang diberikan untuk memperoleh hasil-hasil positif:


1. Pahami pikiran, perasaan, keinginan orang tersebut – bukan posisinya. Lagi pula, anda mungkin telah mengetahui posisinya; karena itulah yang anda pertentangkan. Sebaliknya, mintalah dia untuk menjelaskan penyebab posisi (sikap atau perilaku) yang ditunjukkannya, hasil-hasil yang dia inginkan, dan apa yang bisa membuatnya merasa senang.

2. Nyatakan pikiran, perasaan, dan keinginan anda – bukan posisi anda. Jelaskan hasil-hasil yang menurut anda paling menguntungkan, yang mampu memberikan perasaan paling positif.

3. Pusatkan perhatian pada kesamaan-kesamaan yang anda miliki. Saat anda melakukannya, anda akan menemukan bahwa kesamaan anda lebih banyak dibandingkan dengan perbedaannya.

4. Pahami gagasan-gagasan pemecahan dari orang tersebut. Hal ini akan menghilangkan sikap defensive karena anda memberikan kekuasaan sepenuhnya pada orang tersebut untuk menentukan hasilnya dan memiliki investasi emosional 100 persen dalam menerapkan versi terakhir saat anda telah berhasil mendapatkannya.

5. Menanyakan apakah anda boleh menambahkan beberapa pikiran dan perasaan pada pemecahan yang diajukannya. Hal ini memberikan kesempatan pada orang tersebut untuk merasa bahwa dia adalah seorang yang baik hati kerena memberikan kesempatan pada anda, yang dalam hal ini akan semakin jauh meningkatkan investasi emosionalnya dalam mengembangkan suatu penyelesaian.

6. Membiarkan orang tersebut mengajukan usulan selanjutnya (Ulangi langkah 4 dan 5 sampai anda berdua memperoleh hasil yang memuaskan.)

7. Memastikan bahwa anda memiliki bagian penutup. Mintalah padanya untuk menyatakan kembali keputusan terakhir seperti yang dipahaminya. Jika ada perbedaan, anda bisa memperbaikinya sekarang. Hal ini menunjukkan bahwa ana memberikan tambahan kekuasaan padanya untuk mengubah persetujuan.
Selamat mencoba

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply