Prediksi Idul Fitri 1 Syawal 1434H

Prediksi Idul Fitri 1 Syawal 1434H

Selamat Idul Fitri 1433H

Ketetapan idul fitri 1 syawal 1434H sangat di tunggu oleh kalangan kaum muslimin di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Bagi yang menggunakan metode ‘rukyatul Hisab’, ketetapan idul fitri 1 syawal 1434H sudah bisa ditetapkan dan akan jatuh pada hari kamis, 8 Agustus 2013. Namun bagi yang menentukan awal bulan menggunakan metode ‘rukyatul hilal’, idul fitri 1 syawal 1434H hanya sebatas prediksi saja.


Beberapa lembaga yang bergerak di bidang astronomi seperti Lapan sudah mengeluarkan hasil pengamatan dan prediksi mereka terhadap hilal, Lapan menyebutkan hari raya idul fitri 1 syawal 1434H kemungkinan akan jatuh pada hari kamis, 8 Agustus 2013M. Ini berarti idul fitri kali ini akan lebih semarak karena semuanya jatuh pada hari yang sama kamis, 8 Agustus 2013M, tanpa ada perbedaan antara ketetapan pemerintah maupun Muhamadiyah.

Saat pengambilan hisab pada tanggal 7 agustus 2013M sore, hilal sudah mencapai ketinggian 3,4 derajat dan dapat dilihat diseluruh wilayah Indonesia. Kendala yang mungkin terjadi adalah masalah cuaca, cuaca yang kurang mendukung di beberapa wilayah Indonesia diperkirakan akan mempersulit pengamatan hilal nanti.

Prediksi Idul Fitri 1 Syawal 1434H

“Dengan cuaca seperti saat ini, rukyat akan mengalami hambatan. Kalau tidak terlihat, maka akan diputuskan melalui sidang isbat,” kata Thomas Djamaluddin, Deputi Bidang Sains Lapan.

Prediksi jatuhnya Idul Fitri 1syawal 1434H pada tanggal 8 Agustus 2013M juga di ungkapkan Said Aqil Siradj, Ketua Umum PB NU. Walaupun 1 Sayawal 1434H masih menunggu sidang isbat yang akan di laksananak tanggal 7 Agustus 2013M, namun kemungkinan besar Idul Fitri akan dirayakan bersama-sama.

“Kalau berbarengan (dengan Muhammadiyah) kemungkinan ada, tapi kita belum bisa memastikan,” kata Said seperti dikutip oleh detik.

Muhamadiyah yang menggunakan metode ‘rukyatul Hisab’ atau menentukan awal bulan dengan melihat konjengsi (terjadinya bulan baru 0 derajat) tanpa perlu terlihat melalui ketua umum muhamadiyah Din Syamsuddin sudah menetapkan bahwa lebaran akan jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013M.

Kemungkinan berbarengannya lebaran idul fitri 1 syawal 1434H kali ini tentu sangat kita sukuri, semoga kedepannya akan terjadi penentuan awal bulan dengan metode yang sama di negeri ini hingga tidak akan terjadi perbedaan penentuan awal bulan hijriah.

Selamat Idul Fitri 1433H

Takoballohu Minna Wa Minkum Takobal Yaa Karim
Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Dan Batin


Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply