Menjembatani Perbedaan Sebagai Rahmat Allah Yang Maha Pengasih

Menjembatani Perbedaan Sebagai Rahmat Allah Yang Maha Pengasih

Salah satu fokus umat Islam Indonesia ialah mengeratkan komunikasi antara satu dan lainnya. Memperbanyak silaturahmi dalam perbedaan-perbedaan pandangan selama ada di bawah payung Al Quran dan Hadits dengan saling menasehati dengan dasar hukum yang kuat, bukan asal bunyi, bukan asal banyak pengikut juga bukan karena motif politis kekuasaan apalagi gengsi dan tidak berlapang dada sungguh adalah harta kekayaan umat islam indonesia di masa kini dan mendatang.

 

Perbedaan akan tetap ada sampai kapanpun.

Tapi yang penting adalah menyampaikan pemahaman akan alasan-alasan yang dianut dengan cara santun sebagai bagian dari (sekali lagi) syiar dakwah adalah sangat penting meski kepada sesama umat islam. Sedang soal apakah diterima dan berubah, masih tetap sama bahwa itu adalah urusan dia sendiri di hadapan Allah.

Pertanyaan pentingnya adalah sudahkan kita becermin diri dan benar menjadikan perbedaan, cara pengambilan keputusan di antara ummat seperti soal metode dalam hisab dan rukyat untuk menentukan Ramadhan mendatang sebagai benar-benar rahmat dari Allah SWT yang akan semakin memperkaya ukhuwah dan khasanah wawasan kita semua. Dan tentunya ini tidak termasuk pada perbedaan-perbedaan paham yang membelokkan akidah seperti paham liberalisme, syiah dan berbagai aliran sesat dalam pandangan islam lainnya yang bertebaran baik yang terang-terangan maupun yang tersembunyi.

Sekali lagi, meninggalkan komunikasi di antara umat islam adalah bukan perbuatan yang indah, baik dalam pandangan urusan kedunyaan apalagi urusan akhirat nantinya.

~ IH 21062013 @ bumi Depok #sebabhidupadalahCinta

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply