Mengelola Waktu

Mengelola Waktu

Waktu adalah pedang barmata dua. Jika kita tidak bisa menggunakanya dengan baik maka dia akan menebas siri kita sendiri. Bahkan Allah mengingatkan soal waktu dalam firmanNya.  Demi masa, sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh.  Sedangkan Rasulullah bersabda. Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia orang yang beruntung. Barang siapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia orang yang merugi. dan barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang celaka.
Nah sobat , mungkin tips ini bisa membantu mengelola waktu.

1. Buatlah jadwal yang terencana untuk hari harimu. Dari bangun tidur sampai berangkat tidur kembali. Alokasikan waktu secara seimbang,untuk belajar, beribadah, hobi maupun istirahat dan membantu orang tua.
2.Disiplin menepati jadwal yang sudah kamu buat. jangan biarkan jadwal yang terencana menjadi sia sia. Tempel di dinding jadwal untuk mengingatkan kita.
3.Ubah jadwal jika terlalu ketat dan di rasa sulit untuk dilaksanakan. Perlunak sesuai dengan kemampuan kita.
4.Jangan pernah menunda waktu untuk mengerjakan sesuatu. Jika bisa kita kerjakan saat ini , jangan menundanya sampai besok.
5. Usahakan serius dan fokus saat mengerjakan sesuatu. Hindari beralih pada pekerjaan lain sebelum menyelesaikan suatu pekerjaan.
6. Gunakan waktu waktu luang ( misal: menunggu bus, teman atau suatu acara dimulai) dengan mengerjakan hal hal yang bermanfaat misalnya membaca buku, tilawah Alquran dll.
7. Saat akhir pekan gunakan untuk melakukan amal saleh. misal membantu orang tua, membersihkan le\ingkungan atau bergabung dengan komunitas komunitas yang memungkinkan kita beraktifitas dan mendapat manfaat.
8. Jika waktu libur tiba gunakan untuk refreshing sekaligus mengambil manfaat dari liburan. Misalnya Tadabur alam agar kita lebih menyukuri nikmat Allah.
9. Lakukan evaluasi apa yang telah kita kerjakan seharian menjelang tidur. Berjanjilah untuk mengerjakan lebih baik lagi esok harinya.
10. Pergunakan waktu istirahat sebaik mungkin untuk mengembalikan kondisi tubuhmu.

Nah Sobat. Semoga tips ini bisa bermanfaat.

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply