Melakukan ibadah sunah.

Melakukan ibadah sunah.

1. Kuatkan tekad.
Pernah ga kamu punya rencana mudik dan harus berbenah sampai larut malam mempersiapkan bekal perjalanan, Kereta kamu berangkat Jam 05:00 pagi dan kamu harus datang 15 menit sebelum itu. ternyata walaupun kamu kurang tidur tapi kamu bisa juga bangun dan datang ke Stasiun tepat waktu. Begitulah kalau sudah tekad.  Begitupun Ibadah jam berapapun kamu tidur jika memang sudah bertekad untuk bangun Shalat Tahujud kamu pasti akan bangun. Waktu biologis kita akan mengikuti perintah tekad otakmu.

2. Minta tolong teman.
Masih susah bangun?. minta tolong teman kamu untuk membangunkan. tapi, kamu juga harus pilih teman yang baik dan juga gemar Tahajud. nggak nyambungkan kalo kamu minta tolong teman yang hobinya justru dugem. Kamu juga dapat janjian untuk melaksanakan ibadah yang sama.

3. Manfaatkan waktu di perjalanan.
Ada sobat saya yang jarak rumahnya jauh dan harus di tempuh dengan waktu Dua jam. Tapi dengan cerdik dia memanfaatkan waktu itu untuk tilawah Al-quran. ternyata dibandingkan sahabat yang lain dia lebih bisa konsisten untuk Khatam beberapa kali dalam setahun. Nah daripada bengong di bus mendingan baca Ma’tsurat, manghapal Hadits atau Dzikir yang mudah di lafadkan.

4.  Gunakan teknologi.
Bila kamu punya HP, kamu bisa buat alarm untuk mengingatkan Shalat Tahajud, Dhuha. Kamu juga bisa menelpon atau kirim SMS ke teman kamu lebih sulit bangun di bandingin kamu. Kamu juga bisa buat agenda yang berisi Tanggal, jenis ibadah sunah,target dan evaluasinya.

5.  Punishment and Reward.
Buat menghibur diri dan refresing, kamu bisa memberi hadiah buat diri sendiri. Misalnya jika kamu dalam sebulan tidak pernah bolong Tahajud, kamu bisa makan di tempat yang enak dan nyaman. tapi, bila justru bolong bolong kamu harus rela uang jajan kamu di potong buat Infak. Adil bukan. sekarang tinggal bagaimana tekad kamu. Selamat mencoba.

 

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply