Lupa Tasyahud Awal

Lupa tasyahud awal

Lupa tasyahud awal

Tayahud awal termasuk rukun Sholat dan hukumnya wajib bagi Sholat Wajib yang lebih dari 2 Rakaat, seperti Shalat Dzuhur, Shalat Ashar, Sholat Magrib, dan Sholat Isya. Dikarenakan menjadi rukun sholat maka duduk tasyahud awal berikut bacaan tasyahud awal menjadi syarat sahnya Shalat. Oleh sebab itu, jika orang lupa tasyahud awal saat Shalat maka harus melaksanakan Sujud Sahwi supaya Shalatnya tetap sah.

Terdapat dua keadaan yang sering terjadi dan kita alami saat lupa melakukan tasyahud awal dalam shalat, dua keadaan ini yaitu lupa duduk tasyahud awal dan baru ingat saat proses berdiri serta baru ingat saat sudah berdiri sempurna tegak.

 

Dua keadaan untuk orang yang lupa tasyahud awal:

1. Kita baru teringat saat proses berdiri menuju rakaat ketiga atau sebelum berdiri sempurna. Dalam keadaan seperti ini, kita mesti kembali untuk melaksanakan duduk tasyahud awal dan bacaannya serta tidak ada kewajiban sujud sahwi.

2. Kita baru teringat saat sudah berdiri sempurna di rakaat ketiga. Pada keadaan ini tidak diperlukan kembali duduk tasyhud, kemudian melakukan sujud sahwi sebelum salam. Dalilnya :

Hadist dari Abdullah bin Buhainah ra’, beliau menceritakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ مِنَ اثْنَتَيْنِ مِنَ الظُّهْرِ لَمْ يَجْلِسْ بَيْنَهُمَا، فَلَمَّا قَضَى صَلاَتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ بَعْدَ ذَلِك

Rasulullah SAW pernah langsung bangkit setelah rakaat kedua Shalat zuhur dan tidak duduk tasyahud. Setelah selesai tasyahud akhir, beliau sujud dua kali kemudian salam setelah sujud sahwi. (HR. Bukhari 1225 dan Muslim 570)

Dari Mughirah bin Syu’bah ra’, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا قَامَ الْإِمَامُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ، فَإِنْ ذَكَرَ قَبْلَ أَنْ يَسْتَوِيَ قَائِمًا فَلْيَجْلِسْ، فَإِنِ اسْتَوَى قَائِمًا فَلَا يَجْلِسْ، وَيَسْجُدْ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ

“Apabila imam bangkit setelah rakaat kedua dan dia teringat sebelum sempurna berdiri maka hendaknya dia duduk kembali, dan jika sudah berdiri sempurna maka jangan duduk dan lakukanlah sujud sahwi (sebelum salam).” (HR. Abu Daud 1036 dan dinilai sahih oleh Al-Albani)

Adapun jika kita baru ingat lupa tasyahud awal setelah Shalat selesai atau salam, silahkan langsung melakukan Sujud Sahwi setelah kita ingat.

Refferensi
Reff

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply