INTELIGENSI FISIK MEMBENTUK HUBUNGAN LEBIH HARMONIS

INTELIGENSI FISIK MEMBENTUK HUBUNGAN LEBIH HARMONIS

Teknik ini akan “menyelamatkan hidup” anda saat anda merasa perlu membentuk hubungan langsung dengan orang lain. Latihan intelegensi fisik ini difokuskan pada empat zona penting bahasa tubuh: (1) kepala, mata, dan wajah, (2) lengan dan tangan, (3) sikap badan (tegak, condong ke depan atau ke belakang, membungkuk), dan (4) tingkat energi.

1. Amati keempat zona bahasa tubuh lawan bicara anda.

2. Pusatkan perhatian pada zona pertama: Apakah dia menunjukkan ekspresi yang serius, netral, bosan, bersemangat, atau yang lain? Ke mana matanya terfokus, pada anda atau ke tempat lain? Apakah kepalanya tegak, menoleh ke samping, atau ke bawah?

3. Pusatkan perhatian pada zona kedua: Apakah tangannya kelihatan santai, menggenggam erat, menandakan kegelisahan, atau bersemangat? Apakah lengannya menggantung secara alami, atau disilangkan secara defensif?

4. Pusatkan perhatian pada zona ketiga: Bagaimana sikap badannya? Apakah dia mencondongkan badan ke arah anda atau menjauh, membungkuk atau tegak?

5. Pusatkan perhatian pada zona keempat: Apakah dia bersemangat namun perhatiannya terpisah? Bersemangat dan terfokus? Diam dan patuh?

6. Sesuaikan bahasa tubuh anda dengan bahasa tubuhnya sehingga keempat zona tersebut sama. Saat orang itu menengokkan kepala ke arah samping saat menyatakan sesuatu yang penting, lakukan hal yang sama saat anda mengatakan sesuatu yang juga penting. Jika dia meletakkan tangannya di pangkuan tanpa bergerak, lakukan hal yang sama. Jika dia duduk tegak saat merasa tertarik dengan apa yang dikatakannya. Juga sesuaikan tingkat energi anda dengan tingkat energinya.
Itulah matching. Namun demikian, ada satu klarifikasi yang perlu diberikan. Matching tidak sama dengan meniru. Ada satu perbedaan penting. Saat seseorang meniru orang lain, dia meniru secara harfiah semua gerakan yang dilakukan oleh orang lain. Dalam matching, anda menstimulasikan bahasa tubuh orang lain, pada saat yang berbeda, pada saat yang tepat dalam percakapan, namun dalam situasi yang sama. (Pendeknya, jika seseorang menggerakkan tangan saat dia berbicara dengan bersemangat, anda tidak boleh menggerakkan tangan. Sebaliknya, anda menggerakkan tangan seperti itu saat anda berbicara dengan bersemangat.)
Miftah Hidayat

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply