Doa Saat Akan Berangkat Haji

Doa Saat Akan Berangkat Haji

Doa ini bukan hanya sebagai doa saat akan berangkat haji, namun juga disunnahkan bagi setiap orang yang akan bepergian.
Doa ketika akan berangkat haji di anjurkan, tujuannya adalah untuk memperoleh kemudahan dan ridho Allah dalam melaksanakan ibadah haji. Untuk itu diperbolehkan
untuk kita mengucapkan permohonan atau doa saat akan berangkat haji kepada Allah SWT.

Doa saat akan berangkat haji. Saat Berpamitan kepada keluarga, saudara dan kerabat serta teman dan tetangga. Bagi orang yang dipamiti sebaiknya untuk membaca doa ini:

 

أَسْتَوْدِعُ اللهَ لِدِيْنِك وَأَمَانَتِك وَخَوَاتِيْمِ عَمَلِك زَوَّدَك اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَذَنْبَك وَيَسَّرَلَك الْخَيْرَ حَيْثُ كُنْتَ

“Astaudi’ullooha lidiinika wa amaanatika wa khowaatiimi ‘amalika, zawwadakalloohuttaqwaa wa ghoffaro dzanbaka wayassaro lakal khoiro haitsu kunta.”
“Aku memasrahkan agamamu, kepercayaanmu dan kesudahan amalmu kepada Allah. Mudah-mudahan Allah membekalimu dengan ketaqwaan, mengampuni dosamu serta memudahkan kebaikan bagimu dimanapun kamu berada.”

Dan ketika kita mulai berangkat meninggalkan rumah, berdoalah seperti yang pernah di ajarkan oleh Nabi muhamad SAW jika beliau keluar rumah. Doa keluar rumah ini adalah:

اَللّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ أَنْ أَضِلَّ اَوْ اُضَلَّ اَوْاَزِلََّ اَوْاُزَلَّ اَوْاَظْلَمَ اَوْاُظْلِمَ اَوْاَجْهَلَ اَوْيُجْهِلَ عَلَيَّ

“Alloohumma innii a’udzu bika min an adhilla au udholla au azilla au uzalla au azhlama au uzhlima au ajhala au yujhila ‘alayya.”
“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari tersesat dan disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, darikegelapan dan digelapi dari berbuat bodoh dan
dibodohi orang.”

Setelah itu bacalah doa bepergian berikut :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

“Bissmillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billaahi”
“Dengan menyebut nama Allah aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa ini bukan hanya sebagai doa saat akan berangkat haji, namun juga disunnahkan bagi setiap orang yang akan bepergian. Disunnahkan pula untuk bersedekah sebagian hartanya pada waktu keluar dari rumah, demikian juga bagi setiap orang yang mempunyai hajat (keperluan) tertentu.

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply