Doa Qunut Untuk Tolak Bala dan Perang

Doa Qunut Nazilah Untuk Tolak Bala dan Perang

Doa Qunut Nazilah Untuk pertolongan bagi Umat islam Di Gaza Palestina.
Doa qunut nazilah pertama kali dilakukan oleh Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam dalam setiap shalat berjamaah selama sebulan penuh setelah terjadi sebuah Peristiwa Bi`r Ma’unah. 70 sahabat Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam yang merupakan para qurra` (ahli membaca Al-Qur`an) dan hendak menyebarkan islam dibunuh dengan keji oleh ‘Amir bin Thufail yang menghasut Bani Sulaim dintaranya ‘Ushaiyyah, Ri’l, dan Dzakwan.

Setelah peristiwa tersebut, Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam berserta para sahabat melakukan qunut nazilah disetiap shalat berjamaah selama sebulan penuh. Doa Qunut Nazilah yang dibaca Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam untuk mendoakan kebaikan suatu kaum atau untuk kebinasaan suatu kaum yang lain.

 

Doa Qunut Nazilah Untuk Tolak Bala dan Perang

Qunut Nazilah juga dibaca saat ada musibah atau bencana dan peperangan yang menimpa (nazilah) seperti qunut yang dilakukan Ash-Shiddiq  saat para shahabat memerangi Musailamah Al-Kadzdzab dan ahli kitab. Juga qunut yang dilakukan ‘Umar ra’ dan ‘Ali ra’ saat menghadapi pasukan Mu’awiyah dan penduduk Syam.

Doa Qunut Nazilah dibaca pada saat sholat berjamaah. Doa Qunut Nazilah ini dibaca pada rakaat terakhir sesudah ruku terakhir setelah berdiri i’tidal dan sesudah membaca kalimat:

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه

Sami’ Allahuliman hamidah

Kemudian dalam posisi berdiri Imam sholat dan seluruh ma’mum mengangkat kedua tangan lalu mengaminkan doa Qunut Nazilah yang dipimpin  Imam sholat berjamaah.

Doa adalah salah satu senjata penting bagi kaum muslimin. Itulah sebabnya saat menjelang Perang Badar Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam mengawali perang dengan berdoa memohon pertolongan Allah bagi kemenangan pasukan Islam. Sedemikian khusyu’nya beliau berdoa sampai sempat tiga kali surbannya jatuh dan setiap kali jatuh diangkat kembali oleh sahabat Abu Bakar.

Saat ini, doa qunut nazilah kita bacakan berkaitn dengan musibah besar yang melanda umat. Dan juga pembantaian-pembantaian yang terjadi pada umat muslim seperti di Rohingnya, Afrika tengah dan pembantaian di Gaza Palestina. Intinya adalah kita mohon diberikan pertolongan dan kemenangan bagi kaum muslimin, dan kehancuran, kekalahan dan ketakutan bagi fihak yahudi zionis maupun semua musuh-musuh islam lainnya.

Doa qunut nazilah diawali dengan pembacaan doa qunut seperti biasa oleh Imam shalat berjamaah. Setelah itu diteruskan dengan bacaan doa yang lebih detail berkenaan dengan penderitaan saudara kita di Rohingnya, Afrika tengah dan pembantaian di Gaza Palestina. Doa Qunut yang biasa berbunyi sebagai berikut:

 

اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ ، وَعَافِنَا فِيمَنَ عَافَيْتَ ، وتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ ،

وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ ،

وَإِنَّهُ لا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ، تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ

“Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Selamatkanlah kami dalam golongan orang-orang yang Engkau telah pelihara. Uruslah kami di antara orang-orang yang telah Engkau urus.  Berkahilah kami dalam segala sesuatu yang Engkau telah berikan. Hindarkanlah kami dari segala bahaya yang Engkau telah tetapkan. Sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan bukan yang ditentukan. Sesungguhnya tidak akan jadi hina orang yang telah Engkau lindungi. Engkau wahai Rabb kami adalah Maha Mulia dan Maha Tinggi.” (HR Thabrani 3/123)
Baca juga Doa Qunut dan Terjemahannya

Setelah membaca doa qunut, kemudian imam berdoa agar penderitaan saudara kita diringankan, diberikan pertolongan dan kemenangan oleh Allah SWT. Dan juga berdoa agar musuh yang memerangi kaum muslimin diberikan ketakutan, kekalahan dan kehancuran. Doa ini boleh berbeda antar imam dan masalah, namun tujuannya tetap sama yaitu memohon pertolongan Allah Swt bagi kaum muslimin dan meminta kehancuran bagi yang memerangi umat muslim

Contoh Doa Qunut Nazilah Untuk pertolongan bagi Umat islam Di Gaza Palestina.

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَ الْمُسلِمِين اللَّهُمَّ انْصُرْ إِخْوَاننَاَ الْمُسلِمِين وَ المُجَاهِدِينَ فِي فِلِسْطِين اللَّهُمَّ ثَبِّتْ إِيمَانَهُمْ وَ أَنْزِلِ السَّكِينَةَ عَلَى قُلُوبِهِم وَ وَحِّدْ صُفُوفَهُمْ

اللَّهُمَّ أَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَ المُشْرِكِينَ اللَّهُمَّ دَمِّرِ الْيَهُود وَ إِسْرَآئِل

وَ شَتِّتْ شَمْلَهُم وَ فَرِّقْ جَمْعَهُمْ اللَّهُمَّ انْصُرْ المُجَاهِدِينَ عَلَى أَعْدَائِنَا أَعْدَاءَ الدِّين بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّحِمِينَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ


“Ya Allah, muliakanlah Islam dan kaum Muslimin. Ya Allah, tolonglah kaum Muslimin dan Mujahidin di Palestina. Ya Allah, teguhkanlah Iman mereka dan turunkanlah ketenteraman di dalam hati mereka dan satukanlah barisan mereka. Ya Allah, hancurkanlah kaum kuffar dan kaum musyrikin. Ya Allah, binasakanlah kaum Yahudi dan pasukan Israel dan cerai-beraikanlah kesatuan mereka. Ya Allah, menangkanlah kaum Mujahidin atas musuh kami musuh agama dengan RahmatMu, Wahai Yang Maha Pengasih. Dan sampaikanlah Sholawat kami  kepada Nabi Muhammad.”

Doa Qunut nazilah merupakan suatu hal yang disyariatkan serta sangat dianjurkan saat terjadi musibah dan kezaliman. Imam Syafi’i-rahimahullah-berkata, “Apabila turun musibah kepada kaum Muslimin, disyariatkan membaca qunut nazilah pada seluruh shalat wajib.” (Syarhus Sunnah karya Al-Baghawi 2/279).

Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda, artinya, “Tidaklah seorang Muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak berada di hadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata, “Amin, dan bagimu seperti yang kau doakan.” (HR.Muslim)

Jika kita mampu ikut berjihad membantu mereka, maka lakukanlah. Namun jika kita tidak mampu ikut berjihad, maka tunjukanlah dengan ucapan kita. Dan jika dengan ucapanpun ternyata sulit, lakukanlah dengan hati kita. Mari kita doakan agar saudara-daudara kita yang sedang diperangi dan dibantai supaya mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Dan semua musuh-musuh islam diberikan kehancuran yang nyata, Aamiin.

Perumahan Syariah

Advertisement

Trackbacks/Pingbacks

  1. Donasi Untuk Palestina - Kabar Islam | Kabar Islam - August 13, 2015

    […] diperangi dan dibantai supaya mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, doa bisa dilakukan dalam qunut nazilah. Dan semua musuh-musuh islam diberikan kehancuran dan ketakutan yang nyata, […]

Leave a Reply