Cara Merawat Bayi 1 Tahun

Cara Merawat Bayi 1 Tahun

Bunda baru yang baru saja melahirkan bayi pertama, atau calon bunda yang saat ini sedang hamil dan mempersiapkan lahirnya buah hati tentu peduli akan pertumbuhan dan perkembangan bayinya. Cara merawat bayi yang benar harus kita ketahui terlebih dahulu terutama di tahun pertama, sebab tahun pertama bayi merupakan saat-saat yang paling  penting yang akan menentukan perkembangannya kelak. Utamanya perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial, sikap serta perilaku. Perkembangan serta pertumbuhannya amat pesat di usia ini.

Cara merawat bayi

 

 

Cara Merawat Bayi 1 Tahun

Bila pada masa-masa awal ini bayi tidak memperoleh nutrisi yang tepat dan cukup, tidak memperoleh pengasuhan yang tepat, atau stimulan yang diberikan kurang atau tidak memperoleh penanganan penyakit yang tepat. Ini dapat menjadi sebuah kerugian besar sebab pada masa ini tidak bisa diulang kembali, itulah mengapa mengetahui cara merawat bayi umur 1 tahun sangatlah penting bagi setiap muslimah calon bunda ataupun bunda.

Cara merawat bayi yang baik akan menghasilkan perkembangan dan pertumbuhan bayi yang baik pula. yaitu agar tercapai :

  1. Tumbuh kembang bayi yang optimal. Berat serta tinggi badannya optimal, tidak kurang maupun berlebih.
  2. Supaya bayi tumbuh sehat dan cerdas.
  3. Mendukung kesehatan bayi secara umum, sekarang serta dimasa yang akan datang, termasuk kebal terhadap berbagai penyakit dan tidak sakit-sakitan.
  4. Meningkatkan keterampilan fisik, kreatifitas serta kognitif bayi.
  5. Tercipta hubungan sosial-emosional bayi yang lebih baik dengan orang tua dan lingkungannya.

Cara Merawat Bayi 1 Tahun

Merawat serta membesarkan bayi merupakan tugas mulia yang tidak mudah serta mempunyai cukup banyak tantangan. Merawat serta mengasuh bayi semestinya dapat menjadi hal yang menyenangkan dan minim masalah jika ayah maupun bunda dapat bertindak dengan tepat. Selain kesabaran, bunda juga perlu mempunyai wawasan bagaimana cara merawat bayi dengan benar.

Bayi merupakan seorang manusia unik yang mempunyai dunianya tersendiri dan tidak dapat disamakan dengan dunia orang dewasa. Bayi bukanlah miniatur dari orang dewasa, dia berbeda! Bunda yang pintar serta mepunyai wawasan yang baik tentang bayi dapat mengatasi hal berikut.

  1. Tidak akan kaget ketika mendapatkan hal-hal baru yang sebenarnya normal pada bayi.
  2. Tidak akan risau dan galau karena bayinya menangis terus, rewel, tidak mau menyusu, tidak mau makan makanannya, berat badannya tidak naik-naik serta masalah lainnya sebab tahu apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.
  3. Tidak akan cepat panik serta tahu apa yang sebaiknya dilakukan bila mendapati bayinya sakit maupun memperoleh masalah kesehatan lainnya.
  4. Bunda dapat mengantisipasi bila menghadapi keadaan tertentu pada bayinya, misalnya demam sesudah diimunisasi, keterlambatan bicara, saat mulai berjalan serta lainnya.
  5. Bunda jadi lebih percaya diri dan rileks, psikologi bayi pun menjadi lebih baik yang disebabkan energi positif dari ibunya.
  6. Bunda tahu apa yang akan diharapkan dari tumbuh kembang bayi setiap tahapannya.
  7. Mengurangi biaya konsultasi ke dokter yang tidak perlu.
  8. Akan ada lebih banyak waktu yang ayah dan bunda dapat berikan untuk mengeksplorasi segala potensi bayi.

Jika bunda tahu cara merawat bayi tentu bunda akan dapat mengatasi Kesemuanya ini dan menjadikan pengasuhan bayi lebih menyenangkan serta terbebas dari stress. Kehidupan keluarga juga bisa menjadi lebih BAHAGIA

Dalam pengasuhan bayi, berbagai permasalahan bisa muncul. Bunda tidak mengalaminya sendiri sebab hampir semua bunda mengalami tekanan dan kesulitan dalam merawat dan membesarkan bayinya. Pada bunda yang baru, keadaan ini bahkan akan lebih sulit dijalani. Bunda membutuhkan panduan yang benar, lengkap dan bisa diterapkan langsung dalam pengasuhan bayinya.

Sebetulnya ada panduan cara merawat bayi umur 1 tahun yang lengkap dan terjadwal seperti di KLIKBAYI. Yang di dapat dari panduan cara merawat bayi ini adalah sebagai berikut :

  1. Bunda mengetahui cara merawat bayi yang benar mulai dari ujung kaki hingga kepala, bagaimana membersihkan dan memandikan bayi, penggunaan baby oil, baby lotion serta bedak bayi.
  2. Bunda mengetahui apa yang harus disiapkan dan dilakukan di masa-masa awal kelahiran bayi seperti IMD (inisiasi menyusui dini), rawat gabung, penggunaan bedong serta gurita.
  3. Bunda mengetahui keadaan normal bayi pada minggu-minggu awal kelahiran seperti refleks bayi, pernapasan bayi dengan suara grok-groknya termasuk tahu bagaimana memperlakukan tali pusat bayi sampai terlepas dengan aman dan tanpa menimbulkan infeksi.
  4. Bunda mengetahui seluk beluk serta manfaat ASI sebagai nutrisi terbaik bayi, menyadari betapa pentingnya ASI eksklusif untuk tumbuh kembang, kecerdasan serta
  5. kesehatan buah hati. Mengetahui kapan saat terpaksa mesti memberikan susu formula kepada bayi.
  6. Bunda mengetahui management menyusui yang baik, bagaimana menyusui yang nyaman. Mampu mengatasi problematika menyusui seperti: bayi tidak mau menyusui, bingung put-ing, nyeri put-ing, payu-dara bengkak, infeksi put-ing, put-ing terbenam, mastitis dan lain sebagainya.
  7. Bunda bisa menjaga kesinambungan nutrisi bayi dengan pemberian ASI perah, tahu bagaimana cara memerah ASI, cara menyiapkan ASI perah. Menjaga pemberian ASI ke bayi tidak terputus meski bunda sudah mulai masuk kerja.
  8. Sesudah berumur 6 bulan, tahu cara mengenalkan makanan padat (MPASI) kepada bayi , mengenalkan menu baru, finger food dan antisipasi terhadap tingkah polah bayi yang belajar makan. Mengetahui minuman apa saja yang boleh serta tidak boleh diberikan kepada bayi.
  9. Bunda mengetahui frekuensi pup bayi yang normal, mengetahui tipe pup bayi, perbedaan pup bayi ASI dan susu formula. Mengenali masalah saluran cerna serta mengetahui tindakan yang mesti dilakukan.
  10. Bunda mengetahui pola tidur bayi, mengenalkan konsep siang dan malam pada bayi sehingga tidurnya tidak mengganggu rutinitas ayah dan ibu. Tahu apa yang seharusnya dilakukan serta tidak boleh dilakukan saat bayi tidur.
  11. Bunda mampu mendeteksi serta mengatasi masalah kesehatan umum pada bayi seperti demam, diare, muntah, sembelit, kejang demam, batuk pilek, masalah ruam popok termasuk masalah di awal masa kelahiran seperti bayi kuning (ikterus).
  12. Mampu mengenali penyebab bayi rewel serta cara mengatasinya. Mengetahui membedakan rewel biasa dengan rewel yang disebabkan oleh kolik.
  13. Mampu mengenali tangisan bayi dan penyebabnya, mengetahui cara melatih bayi berbicara, mengenali keterlambatan bicara bayi serta tahu aktivitas apa yang bisa
  14. membantu perkembangan bahasa dan menambah perbendaharaan katanya. Mengajarkan bilingual pada bayi.
  15. Bunda mengetahui cara merawat gigi bayi, antisipasi bayi yang mulai tumbuh gigi, membuat bayi dapat melewati masa tumbuh giginya dengan lebih menyenangkan.
  16. Mampu mengetahui berat badan normal bayi serta berapa kenaikan berat badan bayi yang normal.
  17. Mampu mengetahui kenapa bayi mesti diimunisasi dan jadwal imunisasinya, imunisasi wajib dan yang dianjurkan. Mengetahui kapan boleh menunda imunisasi.
  18. Mampu mengetahui cara menghadapi bayi yang picky eater, menyemprotkan makanannya, tidak mau makan dan cenderung memilih-milih makanannya.
  19. Mampu mengetahui mitos-mitos yang beredar di masyarakat seperti apakah benar payu-dara kecil produksi ASInya kurang.
  20. Dapat membedakan muntah dan gumoh pada bayi, serta mengetahui cara menyendawakan bayi.
  21. Mampu mengetahui cara pijat bayi, renang bayi serta manfaatnya. Tahu bagaimana melakukan baby gym sesuai usia bayi.
  22. Mampu mengetahui plus-minus menitipkan bayi pada keluarga (orang tua), day care (penitipan anak) serta tahu bagaimana memilih babysitter yang baik untuk buah hati.
  23. Mampu mengetahui perlengkapan bayi apa saja yang harus dimiliki, penggunaan dot, baby walker, dll. Mengetahui bagaimana mengendalikan nafsu belanja bunda baru.
  24. Mengetahui kapan bayi boleh dibawa traveling, perlengkapan apa saja yang harus dibawa  perjalanan darat maupun udara bersama bayi.
  25. Mampu mengatur rumah beserta isinya supaya aman bagi bayi terutama saat bayi mulai belajar jalan.
  26. Mampu mengetahui perkembangan bayi setiap tahapannya baik perkembangan bahasa, motorik dan perkembangan sosial. Serta mengethui pengaruh musik bagi perkembangan bayi.
  27. Dan masih banyak lagi topik lainnya yang mesti bunda tahu yang akan di dapat dalam buku panduan cara merawat bayi umur 1 tahun ini. Bagi bunda yang ingin mendapatkan panduan tersebut silahkan klik link berikut ini

 

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply