Berbagai Sarana Kongkret Untuk Mendukung Perjuangan di Gaza

Cara Mendukung Palestina

Cara mendukung Palestina

Ya Allah, kami memohon kemenangan seperti yang Engkau anjikan..!!

Umat Islam adalah umat yang satu, dimana pun keberadaan mereka di muka bumi ini; ruh dan jiwanya selalu menyatu dengan umat Islam lainnya, baik yang berada di Palestina, Afghanistan, Iraq, benua Amerika, benua Eropa, benua Asia dan benua Afrika bahkan hingga ujung dunia sekalipun…


Terutama di Palestina, Afghanistan dan Iraq yang saat ini sedang tertimpa musibah akibat perang yang keji dan agresi brutal yang dilakukan oleh musuh Islam Amerika dan Zionis.. sehingga -dengan ini- tampak di pikiran kita untuk melakukan jihad guna dapat menolong saudara kita sesama muslim di sana… namun karena keterbatasan dan posisi yang tidak memungkinkan maka kita tidak dapat melakukan jihad yang sesungguhnya.. tapi , bukan berarti akhirnya kita stop begitu saja tanpa ada usaha lain, karena kata-kata jihad itu sendiri juga bisa diartikan dengan mengerahkan segala usaha dan tenaga, yang dengannya memiliki ragam dan macam jihad dan sarananya. Dan hal tersebut juga dapat kita lakukan dengan memberikan dana dari harta yang kita miliki untuk menyelamatkan mereka dan menolong mereka yang sakit dengan memberikan apa yang mereka butuhkan, dan yang perlu kita perhatikan adalah bahwa bagi siapa yang menolong saudara yang sedang berjihad maka dirinya pun mendapatkan ganjaran seperti orang berjihad.

Secara singkat dalam kondisi seperti ini kita harus lebih banyak mengalihkan perhatian kepada saudara-saudara kita yang ada di Palestina, Iraq dan Afghanistan. Dan juga di berbagai tempat lainnya yang terdapat di dalamnya pasukan perlawanan yang berusaha menghadang agresi orang-orang yang zhalim dan tipu daya orang-orang suka merampas hak orang lain. Dan Allah memerintahkan kepada kita untuk berjihad dengan harta dan jiwa. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ


“Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”. (As-Shaff:10-11)

Oleh karena itu, dapat kami simpulkan di sini beberapa sarana yang dapat kita lakukan untuk mendukung perjuangan saudara-saudara kita di Palestina dan lain-lainnya, yang sedang berhadapan dengan peperangan dan perseteruan antara yang hak dan yang bathil. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendukung mereka dari sisi keimanan.

yaitu melalui doa agar mereka diberikan kemenangan dan kejayaan, keteguhan dan ketegaran. Hal tersebut merupakan tindakan yang paling minim yang wajib kita lakukan. Dan jangan meremehkan usaha ini, karena doa merupakan panah Allah yang dapat diberikan kepada seluruh insan di manapun mereka berada. Allah SWT berfirman:

 

وَقَالَ رَبُّكُمْ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam Keadaan hina dina”. Ghafir:60

Dan tidaklah Allah tidak kuasa untuk membuat perhitungan kepada orang-orang yang menentang dan membangkang dan menolak segala tipu daya mereka.

2. mendukung mereka dari sisi materi.

Memberikan donasi untuk Palestina dengan memberikan bantuan berupa uang melalui sumber-sumber yang tepercaya dan amanah. Seperti yang dilakukan oleh persatuan ahli dan dokter di Mesir pada acara “Aksi satu milyar” untuk mendukung Palestina, dalam satu malam, tidak lebih dari 3 jam, telah terkumpul uang sebanyak 7,5 milyar pound Mesir, bahkan sebagian akhwat ada yang menyumbangkan perhiasan mereka, sementara sebagian pemuda yang hadir menyumbangkan HP mereka.

3. Mendukung mereka dari sisi medis.

yaitu dengan memberikan mereka obat-obatan yang layak dan sesuai dengan kondisi mereka, mendatangkan para dokter ahli untuk mengobati mereka, menyembuhkan penyakit mereka, merawat mereka yang terluka dan yang menjadi korban keganasan Zionis, serta memantau segala kebutuhan yang mereka harapkan dari sisi medis.

4. Mendukung mereka dari sisi makanan.

dengan memberikan makanan dan minuman yang cocok untuk mereka, dan untuk keluarga mereka yang terusir dari rumah-rumah setelah dihancurkan oleh agresi brutal Zionis, menyediakan apa yang mereka butuhkan dari sisi makanan secara terus menerus.

5. Mendukung mereka dari bidang seni.

jika pintu perbatasan dibuka, dapat memungkinkan untuk kita mengirim tim yang memiliki ahli seni dan spesialis (psikolog), menghadirkan kepada mereka apa yang bisa kita lakukan dari bidang seni sehingga mereka mampu melakukan serangan balik terhadap agresi Zionis, dan menghentikan operasi militer brutal atas mereka.

6. Mendukung mereka dari sisi media.

yaitu dengan menyebar luaskan permasalahan mereka secara real dan faktual, melakukan arahan terhadap hakikat yang sebenarnya terjadi atas saudara-saudara kita disana, kondisi yang hancur akibat tindakan biadab musuh-musuh Islam terhadap umat Islam di Palestina, Iraq dan Afghanistan, menjelaskan besarnya kerusakan dan kehancuran yang diderita oleh saudara-saudara kita dan memperkenalkan kepada umat lainnya akan besarnya beban yang mereka tanggung.

7. Mendukung mereka dari sisi pasukan.

jika pintu perbatasan dibuka maka kita dapat memasukkan para mujahidin dari Syria, Mesir, Iraq dan dari berbagai tempat lainnya, untuk berjihad dan membantu warga Palestina di Jalur Gaza.

8. Malakukan Boikot Israel

Dengan cara tidak membeli, menggunakan, memakan produk-produk yang dibuat oleh israel dan negara pendukungnya. Termasuk produk-produk perusahaan multinasional yang memberikan keuntungan mereka kepada israel. Ingat, setiap satu dolar yang kita belanjakan berarti satu peluru yang ditembakkan oleh israel kepada rakyat palestina.

9. Membina dan mendidik anak-anak untuk beriman kepada Allah dan cinta kepada jihad di jalan Allah.

karena keduanya merupakan sarana yang efektif untuk mengembalikan umat pada kekuatan yang telah dimiliki sebelumnya. Apalagi, setelah musuh-musuh Islam mampu menembus sumber-sumber kekuatan umat Islam, dan mampu membekukan pengembangan senjata-senjata umat Islam dan berusaha menghentikan pengembangan senjata nuklirnya serta memecah belah negara menjadi negeri-negeri kecil, satu sama lain hidup sendirian.

Namun sebelum pergi ke medan jihad untuk membantu para mujahidin di Gaza, perlu kami ingatkan untuk melihat apa yang dapat mereka tunaikan nanti membantu para mujahidin; mengumpulkan barang-barang yang dibutuhkan, melihat dan meneliti kembali apa yang dapat dibawa dan diperlukan oleh warga Palestina di Gaza; seperti rumah-rumah sakit yang ada di Gaza tentunya sangat membutuhkan obat-obatan dan lain-lainnya.

Dan ketika didapati adayang mengalami kelemahan, putus asa dan merasa kalah maka hendaknya dirinya mengingatkan akan sabda nabi saw:

سَتَكُوْنُ أُمْوُرٌ تَعْرِفُوْنَ مِنْهَا وَتُنْكِرُوْنَ قَالُوْا: فَمَا الَّذِيْ تَأْمُرُنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ، قَالَ: أَدُّوا الَّذِي عَلَيْكُمْ وَاسْأَلُوا اللهَ الَّذِيْ لَكُمْ

“Akan terjadi berbagai perkara yang kalian menyadarinya dan mengingkarinya. Mereka berkata: apa yang engkau titahkan jika hal tersebut terjadi wahai Rasulullah? Tunaikanlah apa yang menjadi kewajiban kalian dan memohon lah kepada Allah apa yang menjadi milik kalian”.

Karena itu seorang muslim harus memiliki jiwa yang kuat, azimah yang kokoh, dan bertaqwa kepada Allah semampunya serta tidak meninggalkan apa yang dapat dikerjakan saat itu.

Saya wasiatkan kepada diri saya sendiri, kepada Ikhwan dan yang lainnya untuk tetap berpegang teguh dengan cita-cita mulia dan meninggalkan perasaan putus asa, karena hal tersebut tidak boleh ada di dalam kamus seorang muslim yang memiliki kesadaran diri, karena di antara pokok ajaran kita adalah “Jika pada hari ini terjadi hari kiamat dan di tangan salah seorang dari kalian ada benih yang dapat ditanam maka tanamlah”. Demikianlah ajaran agama kita dan pemahaman yang kita tanamkan.

Terakhir kami sampaikan, bahwa saat ini tidak ada jalan lain kecuali terus melakukan jihad. Dan Rasulullah saw bersabda:

مَا تَرَكَ قَوْمٌ الْجِهَادَ إِلاَّ ذَلُّوْا

“Tidaklah suatu kamu meninggalkan jihad kecuali mereka akan terhinakan”.

Keinginan Israel adalah agar para mujahid di Palestina mau meletakkan senjata mereka. Namun harus kita tanamkan, selama saudara-saudara kita, wanita, lelaki, orang tua, pemuda bahkan ada yang sakit masih ditawan di penjara-penjara Israel, maka kita tidak akan meletakkan senjata dan berhenti dari perang, hingga kita dapat membebaskan bumi Palestina dan mereka semua yang berada di penjara-penjara dapat dibebaskan. Semoga kita bisa melakukan berbagai tindakan mendukung palestina.

Syiar kita adalah: “HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID”..!!

Refferensi : al-ikhwan.net

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply