Bahaya Tidur Sesudah Sahur

Bahaya Tidur Sesudah Sahur

Mungkin banyak dari kita yang melakukan tidur kembali saat selesai santap sahur. Pagi hari, disaat udara masih terasa dingin menggoda seseorang untuk tetap berdiam di atas ranjang. Walaupun adzan Subuh sudah berkumandang, atau setelah mengerjakan shalat Subuh seolah betapa nikmat melanjutkan tidur atau bermalas-malasan. Memang tidak ada larangan secara langsung yang melarang itu, tapi tahukah Anda bahwa dengan langsung tidur sesudah santap sahur dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Berikut ini bahaya tidur sesudah sahur bagi kesehatan :

Bahaya Tidur Sesudah Sahur

1. Perut akan menjadi buncit

Di kala kita tidur tubuh kita tidak mengeluarkan energi untuk aktifitas, ini membuat tubuh akan menghemat energi. Sebab energi tidak terpakai oleh tubuh maka akan terjadi tumpukan lemak terutama di daerah perut.

2. Akan terjadi refluks (esophageal reflux) pada pencernaan

Refluks atau esophageal reflux ini merupakan peristiwa berbaliknya makanan di dalam tubuh dari lambung kembali ke kerongkongan. Hal ini disebabkan belum sempurnanya pencernaan dalam tubuh dan pengaruh grafitasi saat kita tidur. Indikasi terjadinya refluks pada tubuh kita adalah disaat bangun tidur kita akan merasa panas dan pahit pada kerongkongan. Hal ini disebabkan naiknya asam lambung dan kemudian melukai kerongkongan dan saluran pharing.

3. Terdapat gangguan pencernaan (sembelit atau mencret)

Dengan posisi berbaring (tidur) akan membuat terhambatnya proses pengosongan lambung. Dengan demikian akan membuat pencernaan terganggu hingga terjadi sembelit atau mencret.

4. Dapat meningkatkan resiko terkena stroke

Hasil penelitan yang dilakukan menyatakan bahwa orang yang mempunyai waktu jeda paling lama antara aktifitas makan dan tidur akan mempunyai resiko terkena stroke paling rendah.  Begitu juga disaat kita santap sahur. Jika kita langsung tidur sesudah sahur maka akan meningkatkan resiko terkena serangan stroke di kemudian hari.

Jika Anda tetap ingin tidur kembali setelah santap sahur, waktu jedanya minimal adalah 2 jam. Ini juga berlaku bila anda ingin tidur sesudah makan malam, 2 jam adalah waktu minimal untuk memcegah bahaya tidur sesudah sahur.

 

Bahaya Tidur Sesudah Sahur

Tidur sesudah sahur (sesudah subuh) bukanlah kebiasaan yang baik. Padahal ada satu aktifitas yang semestinya dilakukan seorang muslim pada pagi hari. Rasulullah mengajarkan, agar kita berdzikir pada waktu pagi hari bukan justru melanjutkan tidur.

Seorang imam Ibnul Qayyim berkata: “Di antara perkara yang dibenci di kalangan para salaf, yaitu tidur antara usai shalat Shubuh dan terbitnya matahari. Karena, waktu-waktu itu adalah saat keberuntungan. Aktifitas yang dikerjakan pada waktu-waktu tersebut memiliki nilai istimewa. Bahkan kalau orang-orang telah berjalan semalam suntuk, mereka tidak diperbolehkan untuk beristirahat pada waktu tersebut sampai matahari terbit. Saat itu adalah permulaan hari dan kuncinya, waktu turunnya rejeki dan terjadinya pembagian rejeki dan barokah. Selain itu, (terhitung) disaat itulah pergerakan hari bermula. Keadaan seluruhnya tergantung pada bagiannya. Maka seharusnya (kalau harus tidur), maka itu adalah tidur yang sifatnya darurat”.

Shalat Subuh menjadi kegiatan fardhu pertama bagi seorang muslim setiap harinya, hikmah yang didapat juga banyak. Hal ini dapat dirasakan oleh semua muslimin yang tidak melewatkan ibadah pembuka ini secara berjamaah di masjid.

Ditambah lagi dengan ibadah sunah yang mengiringinya, seperti dzikir pagi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mengingatkan seseorang untuk senantiasa duduk tepekur mengingat Yang Maha Kuasa. Wirid-wirid dalam dzikir pagi tersebut mencakup berbagai makna agung. Di antaranya, pengakuan hamba sebagai makhluk yang lemah, pengakuan keesaan Allah ketika kita beribadah, penyerahan diri secara total kepada Allah, permohonan perlindungan kepada Allah dari segala bahaya. Ungkapan-ungkapan yang apabila diketahui dan dihayati, akan melahirkan keyakinan, optimisme dan meningkatkan semangat mengais kebaikan pada pagi itu. Ringkasnya, menekuni dzikir pada pagi hari akan melahirkan kekuatan dan semangat dalam menjalani aktifitas harian.

Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan tidur sesudah sahur (sesudah subuh), untuk merubahnya memang harus dengan keyakinan dan perjuangan. Namun hal ini bukan mustahil kita lakukan, apalagi mengingat bahaya tidur sesudah sahur bagi kesehatan. Jadi sebaiknya Anda manfaatkan jeda waktu tersebut untuk beribadah seperti shalat subuh, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pola hidup selama sahur seperti demikian maka selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga akan mendapat pahala lebih banyak karena waktu ibadahnya lebih panjang.

Perumahan Syariah

Advertisement

No comments.

Leave a Reply